7 Cara Ampuh Menghilangkan Nafas Tak Segar Karena Gejala Panas Dalam

Pepsodent 2 tahun
a

Thumbnail : tribunnews.com

 

Selain grogi, salah satu hal yang bikin kita takut berhadapan dengan orang lain untuk berbicara adalah bau mulut yang mengganggu. Jadi malu dan nggak pede dong kalau berkomunikasi dengan orang lain kalau bau mulut. Nah, bau mulut ini terjadi karena berbagai hal seperti kurangnya menjaga kebersihan mulut, pengaruh makanan berbau tajam yang dikonsumsi (durian, pete atau jengkol), dan gejala panas dalam.

 

Bau mulut yang paling menyiksa itu saat panas dalam, karena bukan hanya mengalami bau mulut yang tidak sedap, tapi jika sudah parah, kita juga akan mengalami bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, sakit tenggorokan hingga demam. Ngeri banget kan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara ampuh mengatasi bau mulut yang mengganggu karena gejala panas dalam. Cukup mudah kok caranya. Berikut ulasannya!

 

 

1. Perbanyak minum air putih

 

Minum air putih : liputan6.com

 

Untuk menjaga kelembaban mulut, kita harus sering mengkonsumsi air putih. Karena jika mulut kita kering, itu juga salah satu faktor penyebab bau mulut. Saat mulut kita kering, berkurang juga air liur dalam mulut yang mengandung enzim dan antiseptik pembunuh bakteri. Maka dari itu kenapa nafas kita sering bau saat puasa atau saat bangun tidur, itu karena mulut hanya menghasilkan sedikit air liur.

 

Minumlah air putih secara rutin setiap harinya sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air. Bukan hanya untuk kesehatan mulut saja, air putih juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, Pulsker.
 

 

2. Kurangi makanan yang berminyak dan bersantan

 

Makanan bersantan : blog.kulina.id

 

Salah satu penyebab bau mulut karena panas dalam adalah menu makanan yang kita konsumsi, seperti gorengan, makanan berbumbu pedas sampai makanan bersantan. Semua makanan itu memang sangat lezat, tapi kamu harus mengurangi porsi makanannya, Pulsker. Jangan mengambil makanan penyebab panas dalam ini dengan berlebihan. Dengan cara ini kamu akan aman dari gejala panas dalam yang menyebabkan bau mulut.

 

 

3. Ganti manisan dengan permen bebas gula

 

Manisan : sehatditubuh.blogspot.com

 

Ini hal penting yang harus kamu perhatikan, setelah makan malam, jangan mengunyah permen manis, karena manisan ini akan mendorong pertumbuhan bakteri yang berdampak pada bau mulut. Selanjutnya, kamu bisa mengganti manisan ini dengan permen bebas gula seperti permen karet atau perment mint bebas gula. Permen karet dipercaya bisa memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak.

 

 

4. Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah

 

Membersihkan lidah : tribunnews.com

 

Bukan hanya pada karang gigi, bakteri juga bisa menempel pada lidah. Karena secara tidak langsung akan terbentuk lapisan pada lidah yang nantinya menimbulkan bau tidak sedap akibat bakteri tersebut. Cara membersihkan lidah ternyata sangat mudah lho, kamu cukup menggosokkan sikat gigi pada seluruh permukaan lidah secara perlahan. Bila perlu, kamu juga bisa membeli alat pembersih lidah khusus yang dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama pada permukaan lidah.
 

 

5. Rajin menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal 2x sehari

 

Pepsodent Action 123 Herbal : tanyapepsodent.com

 

Hal yang sangat ringan tapi sering diabaikan adalah menggosok gigi. Banyak dari kita yang mengalami bau mulut dan panas dalam karena tidak rutin menggosok gigi. Tapi sekarang kamu nggak perlu kawatir lagi, karena Pepsodent Action 123 Herbal bisa mengatasi kedua masalah mulut tersebut hanya dengan menggosok gigi. Kandungan bahan alami seperti esktrak daun sirih yang berfungsi sebagai antiseptik gigi dan mulut, daun sirih yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di mulut mencegah radang gusi dan bau mulut, jeruk nipis yang mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan gusi serta sea salt yang banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, sulfur dan lainnya, dimana kalsium dapat membantu pembentukan struktur Gigi.

 

Gosok giginya juga harus secara rutin ya, Pulsker yaitu saat pagi dan malam hari sebelum tidur. 8 dari 10 orang setuju Pepsodent Action 123 Herbal mampu merawat gigi dan mulut untuk mencegah panas dalam. Untuk tahu lebih banyak solusi kesehatan gigi dan mulut, intip di sini.
 

 

6. Gunakan obat kumur anti bekteri

 

Obat kumur : kompas.com

 

Berkumur dengan obat kumur anti bakteri juga efektif menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Selain itu, obat kumur juga dapat membunuh sisa-sisa bakteri yang ada di gigi kita yang menjadi salah satu penyebab sairawan dan bau mulut. Berkumurlah dengan obat kumur setelah kamu menggosok gigi.
 

 

7. Bila perlu gunakan benang gigi

 

Benang gigi : cara.co.id

 

Sehabis makan pasti banyak bekas makanan yang tersisa di sela-sela gigi yang akan membentuk plak dan karang gigi. Kedua tempat ini adala favorit bakteri untuk berkembang. Untuk mengatasinya pertama tentu saja menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal dan bila perlu, gunakan benang gigi lebih sering untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi yang menyebabkan bau mulut.

 

Rajin menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal akan membuat nafas segar, mulut sehat dan gigi putih bersih. Hidup kita akan bahagia dan nggak perlu takut lagi untuk berhadapan dengan orang lain karena bau mulut. Selamat mencoba ya, Pulsker!

 

7 Gaya Rambut yang Terinspirasi Dari Tokoh Kartun
7 Gaya Rambut yang Terinspirasi Dari Tokoh Kartun
4,207 Views · 293 Shares
Gaya Pacaran Kekinian yang Malah Bikin Repot
Gaya Pacaran Kekinian yang Malah Bikin Repot
147,067 Views · 10,023 Shares
Damai Rasanya. Kocaknya 9 Percakapan Imajinatif "Wowo Sayang Wiwi" Bikin Ad…
Damai Rasanya. Kocaknya 9 Percakapan Imajinatif "Wowo Sayang Wiwi" Bikin ...
2,853 Views · 283 Shares
10 Chat Modus Yang Artinya Kangen, Kalo Rindu Disampaikan Jangan Ditahan
10 Chat Modus Yang Artinya Kangen, Kalo Rindu Disampaikan Jangan Ditahan
375 Views · 0 Shares
10 Foto Menakjubkan yang Diambil Tanpa Bantuan Photoshop
10 Foto Menakjubkan yang Diambil Tanpa Bantuan Photoshop
12,218 Views · 1,261 Shares
Begini Jadinya Kalau Benda Awalnya Biasa Saja Ditangan Orang Kreatif
Begini Jadinya Kalau Benda Awalnya Biasa Saja Ditangan Orang Kreatif
2,947 Views · 225 Shares
9 Foto Konyol ini Liatnya Bikin Kamu Darah Tinggi
9 Foto Konyol ini Liatnya Bikin Kamu Darah Tinggi
63,399 Views · 4,156 Shares
9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!
9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!
893 Views · 0 Shares
Gelato Lagi Hits, Ternyata Beda lho sama Es Krim, Ini dia 7 Perbedaannya!
Gelato Lagi Hits, Ternyata Beda lho sama Es Krim, Ini dia 7 Perbedaannya!
581 Views · 0 Shares
Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi
Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi
7,122 Views · 514 Shares