Unik dan Luar Biasa. 9 Tradisi Unik Menyambut Tahun Baru Islam. Hanya Ada di Indonesia Lho

Rayyan Ray 2 bulan
a

Indonesia memang negara yang kaya budaya. Berakar dari nenek moyang yang berasal dari berbagai ras, sehingga menghasilkan berbagai suku yang berbeda beda, sehingga mempunyai adat budaya yang berbeda pula.

 

Ditambah lagi dengan latar belakang bekas negara jajahan, membuat bangsa Indonesia juga mempunyai keturunan yang berasal dari negara penjajah. Ditambah lagi perkawinan campuran antar negara yang sangat mungkin terjadi karena proses sosialisasi.

 

Tapi beberapa adat budaya yang memang asli Indonesia masih tetap dipertahankan di era globalisasi seperti sekarang ini. Tradisi nenek moyang yang turun menurun merupakan kekayaan yang merupakan identitas bangsa Indonesia harus terus dilestarikan. Seperti perayaan menyambut tahun baru islam di beberapa daerah di Indonesia berikut yang dirangkum oleh pulsk yang dilansir dari idntimes.com. Cekidot..

1. Nganggung d8 Pangkal Pinang

Nganggung di Pangkal pinang memiliki makna maasyarakat membawa dulang uang berukuran besar yang berisi makanan lengkap dengan lauk pauknya untuk dimakan bersama sama dengan warga lainnya di masjid. Lebih mudahnya tradisi ini disebut dengan makan besar.
a
2. Festifal Tabot di Bengkulu

Masyarakat Bengkulu merayakan tahun Baru Islam 1 Hijriyah dengan mengadakan festival Tabot mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 10 Hijriyah yaitu mengarak benda raksasa bernama tabot keliling kampung. Sama seperti di Aceh festival ini dilakukan untuk mengenang wafatnya cucu nabi Muhammad SAW yang bernama Husein di Karbala Irak. Festival Tabot pertama kali diadakan pada tahun 1685 oleh Syeh Burhanudi yang dikenal pula sebagai imam Senggolo. Festival Tabot di Bengkulu memeiliki aspek ritual dan non ritual. Festival Tabot yang ritual hanya boleh dilaksanakan oleh mereka yang merupakan keturunan Tabot, sedangkan festival tabot yang non ritual bisa dilakukan oleh siapapun. Acaranya berupa menari, rebana dan memukul kendang.
a
3. Memborong perabot di Makasar

Masyatrakat Makasar mempunyai tradisi yang paling unik diantara daerah lainnya di Indonesia. Merayakan tahun baru Islam ini mereka akan berbondong bondon pergi ke pasaruntuk memborong perabot rumah. Entah apa yang melatar belakangi tradisi ini. Tradisi ini ssudah dilakukan secara turun temirun. Perabot yang mereka beli selalu berhubungan dengan tempat air seperti ember, gayung dan ketel air.
a
4. Bari'an di Pati

Tradisi Bari'an adalah tradisi yang mana para waraga membawa nasi beserta lauk pauknya dari rumah kemudian dikumpulkan sama sama dalam satu tempat dan didoakan di tempat itu sebelum dimakan besama sama di situ juga. Cara ini juga mempunyai tujuan untuk membina kerukunan antar warga.

a
5. Ngadulag di Sukabumi

Di Sukabumi warga merayakan Tahun Baru Hijriyah dengan melakukan lomba menabuh bedug yang disebut ngadulag. Lomba ini biasanya dilakukan berkelompok yaitu terdiri dari tiga orang atau lebih dan memiliki tugas sebagai pem7kul bedug, pemukul kentongan dan alat lainnya. Irama yang ditampulkan akan membuat kagum para penikmatnya karena tabuhan itu menghasilkan irama yang unik.
a
10 Photobomb yang Bikin Kamu Nyengir Sendiri
10 Photobomb yang Bikin Kamu Nyengir Sendiri
3,506 Views · 179 Shares
Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi
Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi
5,189 Views · 474 Shares
12 Momen Surprise Kocaknya Bikin Terkedjoet Sampai Jantung Copot
12 Momen Surprise Kocaknya Bikin 'Terkedjoet' Sampai Jantung Copot
882 Views · 153 Shares
10 Photobomb Hewan yang Bikin Foto Makin Lucu
10 Photobomb Hewan yang Bikin Foto Makin Lucu
9,451 Views · 572 Shares
Beda Dari yang Lain. Bikin Betah 5 Warung Makan yang Bisa Sambil Mancing Ikan di Mala…
Beda Dari yang Lain. Bikin Betah 5 Warung Makan yang Bisa Sambil Mancing Ikan di ...
748 Views · 148 Shares
10 Foto yang Bikin Pengelihatanmu Terganggu
10 Foto yang Bikin Pengelihatanmu Terganggu
3,759 Views · 227 Shares
Nggak Ada Helm, Kulit Semangka Pun Jadi Nih!
Nggak Ada Helm, Kulit Semangka Pun Jadi Nih!
1,250 Views · 159 Shares
7 Bukti Orang Baik Masih Ada di Sekitar Kita
7 Bukti Orang Baik Masih Ada di Sekitar Kita
1,526 Views · 162 Shares
10 Momen Terjebak Keadaan ini Bikin Kamu Bingung Cari Jalan Keluarnya
10 Momen Terjebak Keadaan ini Bikin Kamu Bingung Cari Jalan Keluarnya
2,893 Views · 126 Shares
10 Gaya Baju Absurd di Tempat Umum Ini Bikin Kamu Puyeng Sampai Linu
10 Gaya Baju Absurd di Tempat Umum Ini Bikin Kamu Puyeng Sampai Linu
3,748 Views · 206 Shares