7 Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Takut Kepedasan, Bau Mulut dan Panas Dalam

a

Thumbnail : health.liputan6.com

 

Di Indonesia, banyak masyarakatnya yang doyan menyantap makanan dengan cita rasa pedas. Ya, makanan pedas memang salah satu nikmat dunia yang nggak boleh terlewatkan, selain karena rasanya yang menantang, rasa pedas dalam makanan benar-benar bisa bikin ketagihan dan meningkatkan nafsu makan kita. Nggak jarang juga kita 'kecanduan' dan kalap kalau melihat sambal di depan mata.

 

Tapi, memakan makanan pedas bukan tanpa masalah. Karena terkadang saat kita makan terlalu banyak, akibatnya kita bisa saja merasa sakit perut, berkeringat, kepedasan atau bahkan panas dalam dan bau mulut yang malah bisa menghilangkan nafsu makan. Nggak mau kan ini mengganggu selera makan? Tenang, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini yang bikin kamu tetap bisa makan makanan pedas tanpa takut kepedasan, bau mulut apalagi panas dalam. Simak tipsnya sampai akhir ya, Pulsker!

 

 

1. Makan coklat untuk menghilangkan rasa pedas

 

Makan coklat : iquitsugar.com

 

Setelah makan makanan pedas biasanya rasa pedasnya masih tertinggal di lidah. Walupun sudah minum banyak air, tapi rasa pedas ini masih sulit hilang. Saat ini terjadi, kamu bisa mengonsumsi coklat untuk menghilangkan rasa pedasnya. Agar rasa pedas hilang dari lidah, kamu bisa memilih dark chocolate, karena rasa manis dan pedas pada jenis coklat ini bisa menyamarkan rasa pedas yang membuatmu gelisah. Dengan cara ini rasa pedas akan terganti dengan rasa manis dari coklat. Enak kan?

 

 

2. Sedia air hangat

 

Air putih hangat : womanshealthmag.com

 

Buat yang suka banget makanan pedas, pasti sering merasa lidah seperti terbakar. Bahkan saking pedasnya bikin kamu kehilangan nafsu makan, padahal masih pengen lanjut menghabiskan makanannya. Nah, untuk menetralisir rasa pedas di lidah, lebih baik kamu meminum air hangat yang dipercaya bisa menghilangkan zat-zat yang menyebabkan pedas di lidah. Air hangat ini lebih ampuh menghilangkan pedas dibanding minuman yang lain termasuk minuman dingin. Walaupun sesaat bikin lidah serasa tambah panas, tapi setelah itu, kamu bisa lanjut makan lagi karena rasa pedasnya sudah hilang.

 

 

3. Mengunyah nasi putih

 

Mengunyah nasi putih : kaltim.tribunnews.com

 

Selain minum air hangat, ternyata kamu bisa menghilangkan rasa pedas dengan mengunyah nasi. Kandungan karbohidrat pada nasi dapat mengatasi rasa pedas di lidah. Saat kamu mulai kepedasan parah, kamu bisa perlahan mengunyah sesuap nasi. Dijamin, kamu bisa tersenyum dan kembali makan dengan nikmat.

 

 

4. Setelah makan makanan pedas, sebelum tidur gosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal

 

Pepsodent Action 123 Herbal : tanyapepsodent.com

 

Buat orang yang cinta pedas, pasti nafsu makannya akan berkurang kalau nggak makan makanan pedas. Karena nggak bisa dipungkiri kalau makanan pedas ini emang bikin nagih. Tapi sayangnya, ada banyak ancaman yang akan kita rasakan saat terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Seperti sakit perut, gelisah, berkeringat sampai bau mulut dan panas dalam. Nggak pernah kepikiran kan?

 

Panas dalam karena terlalu banyak makan makanan pedas memang mengganggu dan mengurangi nafsu makan, apalagi ternyata dampak lainnya kita bisa terserang bau mulut lho! Tapi tenang, semuanya masalah mulut bisa teratasi hanya dengan menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal. Kandungan bahan alami seperti ekstrak daun sirih yang berfungsi sebagai antiseptik gigi dan mulut, daun sirih yang menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan mencegah radang gusi dan bau mulut, serta jeruk nipis yang mengandung vitamin C yang juga menjaga kesehatan gusi.

 

Jadi bukan cuma pedas aja yang hilang dari lidah, tapi kamu juga terbebas dari panas dalam karena makanan pedas dan bau mulut yang bikin nggak nyaman. Selalu rutin menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal saat pagi hari dan malam sebelum tidur ya, Pulsker. Nah, untuk tahu lebih banyak solusi kesehatan gigi dan mulut intip di sini.

 

 

5. Jangan mengkonsumsi makanan pedas saat perut kosong

 

Jangan makan saat perut kosong : pmmag.com

 

Ini penting banget untuk diingat, apalagi jika kamu sudah berniat untuk makan makanan pedas. Sebaiknya isi perutmu terlebih dahulu sebelum langsung memakannya. Karena jika kamu langsung menyantap makanan pedas saat perut kosong, bisa-bisa perutmu kaget, lalu sakit perut dan yang paling parah asam lambung naik. Niatnya ingin menikmati malah berujung sakit. Nggak mau kan ini terjadi?

 

 

6. Sesuaikan kadar kepedasan makanan dengan kemampuanmu

 

Sesuaikan kadar kemampuan : pegipegi.com

 

Menyantap makanan pedas emang nikmat banget, apalagi kalau makan makanan favorit seperti sambal dan lalapannya. Ditambah lagi makannya rame-rame bareng sama teman atau kerabat, pasti tambah seru. Tapi kamu tetap harus berhati-hati mengkonsumnya, Pulsker! Jangan terlalu banyak dan tetap sesuaikan kadar kepedasan sesuai dengan kemampuanmu. Dengan begini, kamu tetap bisa menikmati makanan pedas favorit dengan nikmat.

 

 

7. Sedia tisu sebelum berkeringat karena rasa pedas.

 

Sedia tisu : rienjanibani.blogspot.com

 

Ya, dampak dari makan makanan pedas bukan hanya membuat lidah kepedasan, tetapi juga bikin kita gugup nggak bisa berbicara dan berkeringat. Apalagi jika tempat yang kamu kunjungi bersuhu panas. Maka dari itu, selalu sedia tisu disampingmu untuk mengelap keringat yang bercucuran. Jadi kamu tetap bisa menyantap makanan pedas favorit tanpa takut penampilan terganggu.

 

Itu tadi beberapa tips yang bikin kamu tetap bisa menikmati makanan pedas tanpa takut kepedasan. Dan yang paling penting, tetap rajin menggosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal agar terhindar dari panas dalam dan bau mulut akibat menyantap makanan pedas. Selamat makan pedas ya!

 

 

7 Keunikan Perth, Australia yang Harus Kamu Tahu. Recomended Banget Buat Liburan!
7 Keunikan Perth, Australia yang Harus Kamu Tahu. Recomended Banget Buat Liburan!
Garuda Indonesia
5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik
5 Rumah Mewah Selebriti Ini Mempunyai Desain Unik
1,490 Views · 0 Shares
10 Komik Kehidupan Masa Kecil yang Akan Membawamu Bernostalgia
10 Komik 'Kehidupan Masa Kecil yang Akan Membawamu Bernostalgia
4,679 Views · 498 Shares
9 Kebiasaan Jorok yang Diam-Diam Sering Cewek Lakukan
9 Kebiasaan Jorok yang Diam-Diam Sering Cewek Lakukan
74,914 Views · 5,926 Shares
Dari Emak-emak Sampai Remaja, Begini Tingkah Gokil Cewek Saat di Motor
Dari Emak-emak Sampai Remaja, Begini Tingkah Gokil Cewek Saat di Motor
2,934 Views · 0 Shares
10 Foto Kesialan yang Nggak Ingin Kamu Rasakan Seumur Hidup
10 Foto Kesialan yang Nggak Ingin Kamu Rasakan Seumur Hidup
3,572 Views · 467 Shares
5 Penyanyi Dangdut Ini Mempunyai Bayaran Selangit. Nomor 1 Sekali Manggung Bisa Beli …
5 Penyanyi Dangdut Ini Mempunyai Bayaran Selangit. Nomor 1 Sekali Manggung Bisa Beli ...
3,725 Views · 0 Shares
10 Kejadian Tak Terduga yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
10 Kejadian Tak Terduga yang Bikin Geleng-Geleng Kepala
8,265 Views · 1,046 Shares
Disengaja atau Tidak Ya? Gambar pada Sweater Orang Ini Sama dengan Objek Dibelakangny…
Disengaja atau Tidak Ya? Gambar pada Sweater Orang Ini Sama dengan Objek ...
6,082 Views · 114 Shares
Meski Sedih ,tapi ini bukti patah hati bikin kamu lebih baik lagi
Meski Sedih ,tapi ini bukti patah hati bikin kamu lebih baik lagi
1,544 Views · 0 Shares