7 Cara Alami Mengatasi Panas Dalam Karena Makanan Bersantan

Pepsodent setahun
a

Thumbnail : jajanbeken.com

 

Kita hidup di Indonesia, di mana negara ini memiliki cuaca dan iklim tropis di wilayahnya. Dan sayangnya, orang Indonesia juga suka mengkonsumsi makanan enak yang kaya akan bumbu dan bersantan. Hal inilah yang menyebabkan panas dalam. Rasanya begitu menyiksa, sampai kita sulit menelan makanan. Selain itu, gangguan fisik lain yang disebabkan panas dalam yaitu sariawan sampai demam juga akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

 

Bagaimana ya cara mengatasinya? Nah, berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan saat panas dalam menyerang setelah mengkonsumsi makanan bersantan. Cara-cara ini bisa dengan mudah kamu praktekkan di rumah, Pulsker. Simak ulasannya berikut ini!
 

 

1. Menggunakan ramuan madu dan lemon

 

Madu dan lemon : hallosehat.com

 

Campuran air madu dan lemon adalah salah satu obat alami panas dalam yang dipercaya sangat berkhasiat. Kandungan vitamin C dalam lemon bisa mengatasi radanga tenggorokan, sementara kandungan antioksidan dalam madu bisa mempercepat penyembuhan panas dalam yang kamu rasakan.

Caranya, kamu cukup menyiapkan 1 buah lemon kemudian diperas dan campurkan bersama madu.

Selain bisa menyembuhkan panas dalam, ramuan ini juga dipercaya bisa menyembuhkan batuk secara alami.
 

 

2. Minum kelapa hijau muda

 

Kelapa hijau muda : livestrong.com

 

Meminum air kelapa muda disiang hari memang sangat menyegarkan, dan ternyata air kelapa hijau muda bisa mengobati panas dalam lho. Kamu hanya cukup menyiapkan 1 buah kelapa hijau muda, kemudian ambil air kelapanya saja, lalu campurkan dengan 3 sendok makan madu murni. Setelah itu, minum campuran air kelapa dan madu tersebut sebanyak satu kali sehari.

Yang harus kamu tahu, kelapa hijau muda dan kelapa biasa itu berbeda. Ciri dari kelapa hijau muda adalah kulit dalam buah yang berwarna merah muda. Jangan salah pilih ya, Pulsker!
 

 

3. Kumur dengan air garam

 

air garam : khasiat.co.id

 

Ini adalah cara mengatasi panas dalam yang sangat mudah, bahkan semua bahannya bisa kamu dapatkan dirumah, yaitu air dan garam. Ya, kumur dengan air garam dipercaya dapat mengatasi panas dalam secara alami. Caranya cukup dengan menyiapkan air dan garam, lalu aduk hingga larut. Kemudian gunakan larutan itu untuk kumur selama beberapa detik untuk mengurangi rasa sakit. Cukup mudah kan?

 


4. Gosok gigi 2x sehari dengan Pepsodent Action 123 Herbal

 

Pepsodent Action 123 Herbal : tanyapepsodent.com

 

Pengobatan yang nggak kalah penting dari yang lain yaitu rajin menggosok gigi. Kamu nggak perlu lagi takut terkena panas dalam karena makanan bersantan kalau rajin gosok gigi menggunakan Pepsodent Action 123 Herbal. Kandungan bahan alami seperti esktrak daun sirih yang berfungsi sebagai antiseptic gigi dan mulut, daun sirih yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, serta jeruk nipis yang mengandung vitamin C yang dapat menjaga kesehatan gusi. Gosok giginya juga harus secara rutin ya, Pulsker yaitu saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

8 dari 10 orang setuju Pepsodent Action 123 Herbal mampu merawat gigi dan mulut untuk mencegah panas dalam. Untuk tahu lebih banyak solusi kesehatan gigi dan mulut, intip disini.
 

 

5. Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran

 

Buah dan sayur : aryanto.id

 

Hal utama yang harus kamu perhatikan saat mengalami panas dalam adalah mejaga pola makan dan memilih menu makanan yang tepat. Makanan yang panas dan digoreng seringkali menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Peradangan inilah yang memicu timbulnya gejala panas dalam.

 

Seimbangkan juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, terutama vitamin C, seperti mangga, kiwi, stroberi, pepaya, jambu biji, brokoli dan parprika. Selain rasanya enak, ternyata ada banyak manfaat dari mengkonsumi buah dan sayur tersebut, salah satunya mengobati panas dalam secara alami.
 

 

6. Sari kacang hijau rebus

 

Kacang hijau : liputan6.com

 

Di Indonesia, salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi adalah kacang hijau dengan berbagai macam menu. Ternyata panas dalam juga bisa diobati dengan makanan ini lho. Caranya, rendam kacang hijau dan pilih yang tenggelam kemudian cuci sampai bersih. Lalu letakkan dalam panci dan isi dengan air secukupnya kemudian rebus sampai air mendidih dan air rebusan nantinya akan berubah menjadi hijau. Tuangkan ke dalam gelas dan tiriskan, kemudian tambahkan gula atau madu sesuai selera.
 

 

7. Olahraga teratur

 

Olah raga : klikdokter.com

 

Gejala panas dalam bisa terjadi karena berbagai faktor seperti kelelahan dan mengkonsumsi makanan. Nah, dengan olah raga teratur, kondisi tubuh bisa dilatih dan terjaga dengan baik. Dengan begitu, daya tahan tubuh dan stamina pun akan meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit terutama gejala panas dalam yang mengganggu.
 

Dimusim yang sedang pancaroba seperti ini, tubuh kita sangat rentan terkena penyakit. Ketika panas dalam datang menyerang, segera atasi dengan cara alami diatas. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk gosok gigi dengan Pepsodent Action 123 Herbal 2x sehari dipagi dan malam hari sebelum tidur. Selamat mencoba ya, Pulsker!

 

 

Prewedding Nggak Harus Mesra. Tapi Tetap Asik dan Menarik Serasa Suasana Pacaran
Prewedding Nggak Harus Mesra. Tapi Tetap Asik dan Menarik Serasa Suasana Pacaran
565 Views · 154 Shares
Potret Orang-Orang Egois yang Ada di Sekitar Kita
Potret Orang-Orang Egois yang Ada di Sekitar Kita
38 Views · 0 Shares
11 Desain Lemari Pakaian. Yang Mana Seleramu?
11 Desain Lemari Pakaian. Yang Mana Seleramu?
602 Views · 165 Shares
Percaya Deh, Foto Anak Zaman Dulu Terkadang Lebih Keren daripada Anak Sekarang
Percaya Deh, Foto Anak Zaman Dulu Terkadang Lebih Keren daripada Anak Sekarang
978 Views · 178 Shares
Lihat Dua Kali, 10 Foto Ini Akan Menipu Pengelihatanmu
Lihat Dua Kali, 10 Foto Ini Akan Menipu Pengelihatanmu
1,083 Views · 175 Shares
Mainan Jaman Dulu Penuh Kenangan Dan Tak Dikenal Oleh Anak Jaman Sekarang, Dijamin Pa…
Mainan Jaman Dulu Penuh Kenangan Dan Tak Dikenal Oleh Anak Jaman Sekarang, Dijamin ...
997 Views · 274 Shares
Kabel Di Rumah Tidak Beraturan, Ini 5 Solusi Menata Kabel-Kabel Di Rumah Agar Lebih T…
Kabel Di Rumah Tidak Beraturan, Ini 5 Solusi Menata Kabel-Kabel Di Rumah Agar Lebih ...
1,194 Views · 270 Shares
7 Model Rambut Ini Butuh Percaya Diri Tinggi. Berani Mencoba ?
7 Model Rambut Ini Butuh Percaya Diri Tinggi. Berani Mencoba ?
2,418 Views · 439 Shares
Konyol! 13 Foto ini mengabadikan Perilaku Fotografer yang lucu
Konyol! 13 Foto ini mengabadikan Perilaku Fotografer yang lucu
141,817 Views · 2,522 Shares
Perbandingan Foto Cewek Thailand Sebelum dan Setelah Operasi Plastik, Beda Banget!
Perbandingan Foto Cewek Thailand Sebelum dan Setelah Operasi Plastik, Beda Banget!
1,226 Views · 124 Shares