7 Cara Ini Bisa Bikin Bisnis Kuemu Berkembang dan Tetap Eksis lho!

Blue Band 28,520 views
a

via thepennyhoarder.com

 

Hai Pulsker, saat ini bisnis rumahan adalah bisnis yang mulai diminati banyak orang. Walaupun keuntungan yang diperoleh nggak sebesar penghasilan kantoran, tapi lewat bisnis rumahan ini kita bisa menyalurkan hobby dan bakat kita menjadi sebuah penghasilan yang menguntungkan. Salah satunya adalah bisnis penjualan kue. 

 

Terlebih lagi lebaran sudah tinggal menghitung hari nih. Buat kamu yang udah menekuni bisnis ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis kuemu bisa berkembang dan tetap eksis. Beberapa cara ini adalah rangkuman dari pemenang Blue Band Master Oleh-Oleh, yaitu kompetisi bisnis bakery yang diadakan oleh Blue Band Master. Jadi, bisa kamu lirik nih caranya.Yuk, simak sampai akhir!

 

 

1. Menyukai dan menguasai pembuatan kue

 

via 30poundsofapples.com

 

Di saat kita mendirikan usaha pembuatan kue kecil atau oleh-oleh, kita harus benar-benar memahami dan menyukai dunia makanan, apapun latar belakang kita. Karena kecintaan kita pada usaha yang akan kita jalankan akan menumbuhkan kosnsitensi dan motivasi, yaitu dua hal yang sangat erat dalam dunia bisnis.

 

Selain itu, untuk benar-benar memahami usaha ini, kita harus sering belajar dan survey ke pasar atau tempat-tempat penjualan kue lainnya. Untuk menambah pengetahuan, kita juga bisa mengikuti berbagai kurus dan seminar tentang pembuatan kue atau dunia tata boga. Karena dengan hal ini, pengetahuan dan bekal dalam usaha kita akan lebih luas.

 

 

2. Ciptakan keunggulan berbeda dari produkmu dengan produksi lain

 

via yahoo.com

 

Kue kering atau oleh-oleh memang banyak dijual dipasaran, jadi nggak heran jika produk yang kita buat juga sama dengan produksi lain. Nah, hal ini bisa kamu siasati dengan membuat kue yang memiliki kelebihan/keunggulan dari produk lain yang ada dipasaran. Cermati juga apa yang disukai dari konsumen. Dengan begitu, konsumen kita akan menjadi pelanggan tetap.

 

Setiap bisnis harus memiliki keunggulan, begitu juga dengan bisnis makanan ini. Carilah keunggulan yang membuat bisnis kita bersaing dengan produsen yang lain.

 

 

3. Siapkan tenaga ahli yang terampil dibidangnya

 

via kapanlagi.com

 

Jika kamu sudah menerima banyak pesanan atau usahamu sudah mulai berskala besar, maka sangat diperlukan beberapa tenaga kerja yang ahli dan terampil untuk membatumu mengelola bisnis ini. Hal yang harus kamu lakukan adalah melatihnya atau training terlebih dahulu agar apa yang mereka lakukan sesuai dengan keinginanmu. SDM yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis.

 

 

4. Aturlah komposisi, bahan, modal dan harga jual

 

via designmom.com

 

Saat memulai bisnis, kita nggak boleh terlalu idealis, karena hal ini bisa membuat usaha kita menjadi rugi. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mengolah kue buatan kita agar disukai konsumen, tapi tetap memperoleh keuntungan. Bagaimana cara menentukan harga jual? Yang harus kamu pertimbangkan adalah, modal yang sudah kamu keluarkan untuk membeli bahan, tenaga kerja dalam proses produksi, biaya pemasaran, keuntungan yang kita peroleh dan harga pesaing. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan harga jual yang kamu inginkan.

 

 

5. Buatlah inovasi bentuk dan rasa yang bervariasi

 

 

Ini salah satu hal yang akan membuat konsumen tertarik mencoba varian baru dari kue atau oleh-oleh produksimu.  Kamu bisa menyiasatinya dengan bahan yang sama atau jenis yang berbeda. Misalnya, kamu bisa membuat topping atau isi yang bervariasi. Atau kamu juga bisa memodifikasi bentuknya menjadi lebih unik dan menarik. Dengan begitu, konsumen akan memiliki banyak pilihan. Salah satu contohnya adalah Nutsafir Cookies dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak varian rasa yang lezat.

Inovasi bentuk yang beraneka ragam serta rasa yang lezat adalah hal penting yang sangat mendukungmu untuk memenangkan Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 yang diadakan oleh Blue Band Master.

 

 

6. Desain kemasan juga menetukan pembeli tertarik dengan produk yang kamu jual

 

 

Nggak bisa dipungkiri jika saat membeli barang, yang pertama kali kita perhatikan adalah kemasannya. Nah, ini adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan. Kita harus berupaya mendesain kemasan kue dengan rapi, bersih dan semanarik mungkin. Apalagi jika sasarannya dari semua kalangan, kita harus memilih warna yang netral dan desain gambar yang menarik. Seperti desain kemasan dari Bagelan Bekatul Semarang, Jawa Tengah yang meiliki kemasan elagan dan premium.

 

Oleh karena itu, apapun jenis kuenya mulai dari harga yang terjangkau hingga yang mahal, kita harus pintar-pintar mengemasnya.

 

 

7. Pasarkan juga produkmu secara online

 

 

Dijaman modern dan serba canggih ini, setiap orang ingin semuanya berjalan dengan prakstis dan efisien. Dan semua bisa kita dapatkan dengan gadget dan internet. Nah, kita bisa memanfaatkan internet untuk membuat toko online. Selain bisa memudahkan konsumen untuk mengetahui lebih banyak tentang produk yang kita jual, kita juga bisa juga berpeluang mendapatkan konsumen dari mana saja. Keuntungan yang lain yang dapat adalah, mempromosikan barang secara online itu gratis lho.

 

Jika kamu sudah memiliki kendaraan dan karyawan, delivery order juga akan memberikan pilihan bagi mereka yang tidak sempat berbelanja dan datang ke toko kita. Selain praktis, pelanggan akan merasa sangat dilayani dengan adanya sistem pesan antar, seperti pembelian Cake Salak Kilo, Kalimantan Timur yang sudah bisa dibeli dengan cara online dan delivery order. Mudah, praktis dan menyenangkan.
 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa membuat usaha kuemu berkembang dan makin eksis. Selain itu kamu juga bisa memenangkan Blue Band Master Oleh-Oleh untuk menguji usaha dan kemampuanmu dalam membuat kue. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Pulsker.

 

 

7 Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Takut Kepedasan, Bau Mulut dan Panas Dalam
7 Tips Menikmati Makanan Pedas Tanpa Takut Kepedasan, Bau Mulut dan Panas Dalam
Pepsodent
10 Foto Hasil Kreatif Para Traveler di Menara Pisa
10 Foto Hasil Kreatif Para Traveler di Menara Pisa
27,361 Views · 3,721 Shares
Gokil, 12 Cosplayer Ini Berdandan Mirip Banget Sama Karakter Tokoh Aslinya
Gokil, 12 Cosplayer Ini Berdandan Mirip Banget Sama Karakter Tokoh Aslinya
5,878 Views · 0 Shares
Memang Sih Nggak Bikin Luka, Tapi 7 Momen Apes Ini Nggak Kalah Menyakitkan Lho
Memang Sih Nggak Bikin Luka, Tapi 7 Momen Apes Ini Nggak Kalah Menyakitkan Lho
884 Views · 0 Shares
Kumpulan Kejadian Lucu yang Pernah Terjadi di Resepsi Pernikahan
Kumpulan Kejadian Lucu yang Pernah Terjadi di Resepsi Pernikahan
836 Views · 0 Shares
10 Pakaian yang Akan Membuatmu Berpikiran Negatif
10 Pakaian yang Akan Membuatmu Berpikiran Negatif
706 Views · 0 Shares
10 Kesialan Orang yang Tertangkap Kamera Ini Bikin Kamu Tersenyum Kecut
10 Kesialan Orang yang Tertangkap Kamera Ini Bikin Kamu Tersenyum Kecut
734 Views · 0 Shares
Kumpulan Foto yang Bikin Kamu Berpikiran Kotor Saat Melihatnya
Kumpulan Foto yang Bikin Kamu Berpikiran Kotor Saat Melihatnya
1,247 Views · 0 Shares
Penampakan Mata Hewan Kalau Di-zoom, Bisa Tebak Nggak Hewan Apa Aja?
Penampakan Mata Hewan Kalau Di-zoom, Bisa Tebak Nggak Hewan Apa Aja?
598 Views · 0 Shares
Tampilan Iklan Rokok Jaman Dulu, Lebih Gila Ketimbang yang Sekarang
Tampilan Iklan Rokok Jaman Dulu, Lebih Gila Ketimbang yang Sekarang
879 Views · 0 Shares