Sayangi Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Terhindar dari 7 Masalah Serius Ini

Pepsodent 2 tahun
a

Memiliki gigi dan mulut yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Karena kedua organ tubuh ini merupakan organ vital pada manusia. Fungsinya sebagai jalan pertama menerima asupan berupa makanan untuk tubuh membuat gigi dan mulut rentan terhadap segala sesuatu. Baik itu yang berdampak positif maupun yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Oleh karena itu kita selalu memperhatikan kesehatan gigi dan mulut ya pulsker. Tapi tahukah akibatnya jika kita mengabaikan atau tidak terlalu memperhatikannya? Timbul masalah dan penyakit itu sudah pasti. Nah, berikut adalah 7 masalah serius tersebut pulsker :

 

 

1. Sakit Gigi yang Terasa Linu

 

 

Ada pepatah bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Tapi dalam dunia nyata sakit gigi tidak kalah menyiksanya lho. Sakit gigi pun bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Menurut dokter gigi di kota New York, Thomas P. Connelly, D.D.S, sakit gigi bisa disebabkan karena kerusakan gigi. Juga bisa disebabkan oleh bakteri yang mengendap dan bertumpuk di gusi. Apabila tidak dibersihkan, akhirnya bakteri ini masuk ke rongga-rongga gigi kita. Saat masuk itulah perlahan bakteri menyerang, dan inilah yang membuat gigi sakit.

 

 

2. Gigi Berlubang

 

 

Gigi berlubang biasa juga disebut dengan karies gigi. Ini terjadi akibat kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik sehingga terjadi penumpukan plak yang membawa berbagai macam bakteri. Salah satunya bakteri Bifidobacterium dentium Bd1 yang hidup di usus dan memberi dampak baik pada sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imun. Tapi... bakteri yang semula baik ini juga dapat mengganggu kondisi mulut. Mereka hidup dari asam yang diproduksinya dari glukosa dan karbohidrat makanan. Asam inilah yang akhirnya merusak struktur gigi sampai berlubang.

 

 

3. Bau Mulut

 

 

Pasti kita pernah mengalami yang namanya bau mulut ya pulsker. Saat ini terjadi bukan hanya kesehatan gigi dan mulut saja yang terancam, kepercayaan diri kita juga terancam. Ada berbagai macam penyebab bau mulut pulsker. Seperti yang dikutip dari Medical News Today, masalah bau mulut bisa disebabkan oleh adanya konsumsi tembakau (seperti rokok), makanan yang memiliki bau menyengat saat dimakan semisal bawang merah dan bawang putih, mulut kering, dan kondisi tenggorokan. Juga karena menyikat gigi yang tidak bersih sampai bagian terdalam pulsker.

 

 

4. Gigi Menjadi Goyang

 

 

Penyebab gigi goyang bisa dikarenakan banyak faktor ya pulsker. Mulai dari gangguan jaringan di sekitar gigi, tidak teratur membersihkan gigi, dan kebiasaan merokok. Bisa juga karena tumpukan sisa makanan di sela-sela gigi yang akhirnya memicu tumbuhnya bakteri. Bakteri-bakteri ini yang kemudian menggerogoti secara perlahan gigi kita. Kalau sudah begini, gigi akan keropos dan menjadi goyang pulsker.

 

 

5. Pembentukan Karang Giging

 

 

Masalah lain yang muncul ketika kita tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut adalah terbentuknya karang gigi. Karang gigi terbentuk dari plak dan zat kapur yang ada dalam air liur. Dan penyebab utamanya ialah adanya plak di gigi yang disebabkan oleh bakteri sisa makanan di mulut. Tak hanya itu saja pulsker, plak ini juga bisa menempel di lidah lho. Bila plak ini tidak segera dibersihkan maka akan mengeras dan terbentuklah karang gigi. Oleh karena itu kita hendaknya rajin membersihkan lidah pada saat gosok gigi pulsker.

 

 

6. Memicu Penyakit Jantung

 

 

Nah, yang satu ini pasti membuat kita berpikir apa iya kesehatan gigi dan mulut juga berpengaruh terhadap jantung? Menurut penelitian yang disampaikan dalam Forum Ilmiah Periodontist Eropa di Austria tahun 2012 lalu, bakteri Porphyromonas gingivalis timbul saat gusi mengalami infeksi yang cukup parah dandapat merangsang produksi sitokinSitokin inilah yang dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah yang berpengaruh juga ke jantung. Untuk mengatasinya rajin-rajinlah menggosok gigi setelah makan agar kondisi gigi dan gusi senantiasa bersih.

 

 

7. Menurunkan Daya Ingat

 

 

Ternyata salah satu faktor penyebab menurunnya daya ingat adalah kesehatan gigi dan mulut juga lho. Ini dikarenakan adanya penyempitan pembuluh atau penyumbatan arteri ke otak sehingga penderita mengalami demensia akibat bakteri yang menguasai arteri. Tak hanya itu saja, dalam hasil studi yang dipublikasikan jurnal Behavioral and Brain Function tahun 2011 disebutkan orang yang mempunyai gigi lebih sedikit atau bahkan ompong sama sekali lebih cenderung untuk kehilangan sebagian daya ingatnya dibandingkan mereka yang masih memiliki banyak gigi alami. Terutama bagi yang berusia 55 tahun ke atas. Jadi nih, agar tidak ompong dan gigi kita selalu kuat dan tetap terjaga dengan baik sering-seringlah memperhatikan kondisi kesehatan gigi dan kesehatan mulut, mulai dari sekarang.

 

Itu tadi 7 masalah serius yang kita alami jika tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Mulailah dengan langkah mudah mencegahnya seperti menggosok gigi secara teratur. Agar mendapatkan hasil maksimal gunakan sikat gigi Pepsodent Deep Clean, yang memiliki leher sikat tiga sudut dan bulu sikat V yang dirancang khusus untuk menjangkau bagian belakang gigi dan sela-sela gigi. Juga yang memiliki pembersih lidah dengan karet yang lunak. Untuk mendapakan informasi lebih lanjut bisa klik di sini.. 

Prewedding Nggak Harus Mesra. Tapi Tetap Asik dan Menarik Serasa Suasana Pacaran
Prewedding Nggak Harus Mesra. Tapi Tetap Asik dan Menarik Serasa Suasana Pacaran
559 Views · 154 Shares
11 Desain Lemari Pakaian. Yang Mana Seleramu?
11 Desain Lemari Pakaian. Yang Mana Seleramu?
599 Views · 165 Shares
Percaya Deh, Foto Anak Zaman Dulu Terkadang Lebih Keren daripada Anak Sekarang
Percaya Deh, Foto Anak Zaman Dulu Terkadang Lebih Keren daripada Anak Sekarang
968 Views · 177 Shares
Lihat Dua Kali, 10 Foto Ini Akan Menipu Pengelihatanmu
Lihat Dua Kali, 10 Foto Ini Akan Menipu Pengelihatanmu
1,075 Views · 174 Shares
Mainan Jaman Dulu Penuh Kenangan Dan Tak Dikenal Oleh Anak Jaman Sekarang, Dijamin Pa…
Mainan Jaman Dulu Penuh Kenangan Dan Tak Dikenal Oleh Anak Jaman Sekarang, Dijamin ...
991 Views · 273 Shares
Kabel Di Rumah Tidak Beraturan, Ini 5 Solusi Menata Kabel-Kabel Di Rumah Agar Lebih T…
Kabel Di Rumah Tidak Beraturan, Ini 5 Solusi Menata Kabel-Kabel Di Rumah Agar Lebih ...
1,189 Views · 270 Shares
7 Model Rambut Ini Butuh Percaya Diri Tinggi. Berani Mencoba ?
7 Model Rambut Ini Butuh Percaya Diri Tinggi. Berani Mencoba ?
2,411 Views · 439 Shares
Konyol! 13 Foto ini mengabadikan Perilaku Fotografer yang lucu
Konyol! 13 Foto ini mengabadikan Perilaku Fotografer yang lucu
141,809 Views · 2,522 Shares
Perbandingan Foto Cewek Thailand Sebelum dan Setelah Operasi Plastik, Beda Banget!
Perbandingan Foto Cewek Thailand Sebelum dan Setelah Operasi Plastik, Beda Banget!
1,220 Views · 124 Shares
Tetap Anggun dan Menawan, 7 Potret Cantik Raisa Andriana Saat Hamil
Tetap Anggun dan Menawan, 7 Potret Cantik Raisa Andriana Saat Hamil
870 Views · 237 Shares